http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

TP PKK Lampung Tengah Ikuti Lomba Hari Kesrak Nasional

Rabu, Juli 26th 2017. | Uncategorized

DSC_6591terbagus.info – Gunung Sugih :  “Tidak menyangka respons dan antuisme pemerintah daerah, pemerintah desa dan kelurahan bahkan masyarakat terhadap kegiatan lomba2 dalam rangka hkg pkk cukup besar” Ujar Ketua TP PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahyo Kumolo.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua TP PKK Pusat dr Erni Guntarti Tjahyo Kumolo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Ketua Tim Verivikasi data dan informasi pada lokasi nominator Lomba dr. Lasmi,  Dalam Rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Tahun 2017 di Puskesmas Gunung Sugih, Kecamatan Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah.

Bahkan, lanjut dia respon dan antusiasme masyarakat terhadap kegiatan lomba dalam rangka HKG PKK cukup besar;  secara obyektif, katanya lebih lanjut  dapat dikatakan bahwa dalam dua atau tiga tahun terakhir ini, Alhamdulillah, kualitas kegiatan lomba dalam rangka HKG PKK ini semakin baik, dan membawa nilai-nilai positif terhadap pencapaian sasaran-sasaran pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat secara keseluruhan. Hal ini tentunya menunjukkan, bahwa managemen penilaian lomba dalam rangka HKG PKK saat ini, yang meliputi materi penilaian , tahapan, proses dan mekanisme penilaian sampai dengan penentuan juara pada saatnya nanti, benar-benar dilakukan secara berjenjang, terbuka dan akuntable, sehingga merupakan instrumen penilaian yang ideal dan obyektif, tegasnya.

DSC_6594Melalui managemen penilaian seperti itulah, lanjutnya maka kita semua harus memaknai lomba ini agar memiliki nilai strategis dan mendasar sehingga mampu inspirasi dan motivasi bagi masyarakat luas, termasuk para pelaku pembangunan, para pimpinan dan pemimpin di semua tingkatan, bahwa sesungguhnya aspek keswadayaan, kemandirian, dan kegotongroyongan itu merupakan faktor kunci dalam proses pemberdayaan keluarga dan pemberdayaan masyarakat, sehingga masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah Desa dan Kelurahan dan didukung penuh oleh Pemerintah Daerah, mampu berperan serta dalam pembangunan. Hal-hal seperti inilah yang sudah dilakukan oleh Tim Penggerak PKK beserta Kader-kadernya yang tersebar di seluruh pelosok nusantara, tegasnya.

Lebih lanjut, Ketua TP PKK Pusat berharap kegiatan lomba tidak hanya merupakan kegiatan sesaat menjelang lomba, namun lebih kepada pembinaan berkelanjutan yang dilakukan secara berjenjang. Dengan alasan itu pula, beliau mengajak kita semua, agar kita tidak segan-segan untuk belajar dari pengalaman para pelaku pembangunan dan para penyelenggara pemerintah desa. Karena dari pengalaman nyata seperti itulah, tidak mustahil justru terdapat mutiara-mutiara yang penuh makna, yang dapat dijadikan referensi atau rujukan dalam pelaksanaan tugas kita semua.

DSC_6697Sementara itu ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten lampung Tengah Ny.Hj.Nessy Kalviya Mustafa,ST.MM  melaporkan bahwa melalui Bulan Bakti Gotong Royong Tim Penggerak PKK Kecamatan Gunung Sugih telah bekerja sama dengan Puskesmas Kecamatan Gunung Sugih melakukan berbagai macam kegiatan deteksi dini kanker serviks dalam gerakan “BEGUWAI RAHIM SEHAT” berupa : Sosialisasi Kanker Leher Rahim dan Test IVA; Pelaksanaan Penyuluhan tentang deteksi dini kanker serviks ke seluruh kampung/kelurahan dalam wilayah Kecamatan Gunung Sugih; Melaksanakan Test IVA Mobile ke seluruh kampung/kelurahan dalam wilayah Kecamatan Gunung Sugih; Melaksanakan kegiatan “Grebeg Jumat”, ke mesjid mesjid secara bergantian setiap minggu di seluruh kampung/kelurahan dalam wilayah Kecamatan Gunung Sugih disamping melaksanakan Posbindu PTM, jg menghimbau kepada bapak-bapaknya untuk menyuruh istrinya melaksanakan deteksi dini kanker serviks; Screening Test IVA di Masyarakat dan Rutin di Puskesmas; Menyiapkan “ Kotak Amal Peduli Kanker Serviks”, untuk meringankan beban penderita kanker serviks. Keberhasilan kerjasama dan pemberdayaan masyarakat pada kegiatan deteksi dini kanker leher rahim  di Kecamatan Gunung Sugih memotivasi Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Tengah untuk melaksanakan gerakan massal Test IVA .

DSC_6704Mengingat betapa pentingnya Deteksi Dini Kanker Leher Rahim (serviks) melalui Test IVA, maka pada kesempatan tersebut melalui Dinas Kesehatan Lampung Tengah Ketua TP PKK Lampung Tengah mohon kiranya Pemerintah dapat memberikan dukungan terhadap program teraebut, dengan membangun klinik khusus untuk Pemeriksaan  Deteksi Dini  Kanker Leher Rahim (serviks) melalui Test IVA.

Pemerintah  Kabupaten  Lampung  Tengah sendiri  sangat berkepentingan  dalam  rangka  membangun,  mempersiapkan, dan membentuk lembaga-lembaga kemasyarakatan dan keluarga yang kuat, sehat dan sejahtera dalam rangka menjadikan Kabupaten ini sebagai “Pusat Keunggulan” (center of qualities) dalam berbagai sector pembangunan. Karenanya Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Tengah bersama-sama dengan seluruh Dinas/Instansi, lembaga-lembaga yang terkait serta dengan segenap lapisan masyarakat sebagai sasaran kegiatan, akan terus berusaha dan berupaya  membangun lebih banyak lagi klinik-klinik IVA guna memaksimalkan pelaksanaan kegiatan ini terutama dalam mendukung kegiatan deteksi dini kanker serviks dalam gerakan “BEGUWAI RAHIM SEHAT”, kata Wakil Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto. (ADV/Ti)

Share Button

Related For TP PKK Lampung Tengah Ikuti Lomba Hari Kesrak Nasional