http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Sektor Pertanian Masih Dominasi Ekonomi Provinsi Lampung

Rabu, April 5th 2017. | Lampung, Realita News

Gubernur Lampung M Ridho Ficardo buka Musrenbang Prov. Lampung 2017

Lampung, Terbagus.info– Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Provinsi Lampung, Rabu, 5 April 2017 di Hotel The 7  Bandar Lampung, bertema “Memantapkan Pembangunan Infrastruktur dan Mendorong Investasi untuk Mendukung Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas.”

Musrenbang dibuka oleh Gubernur Lampung, M. Ridho Ficardo dihadiri oleh Dirjen Otonomi Daerah, Kementerian Dalam Negeri, Dr. Sumarsono, Anggota DPD RI Ahmad Zajuli, Inspektur Utama Bappenas Republik Indonesia Roni Dwi Santoso, Ketua DPRD Provinsi Lampung Dedi Afrizal, Kapolda Lampung Soejarno, Kajati Lampung Syafrudin unsur Forkipimda dan Bupati/Walikota se Provinsi Lampung.

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo berharap melalui Musrenbang Provinsi Lampung terbangun singkronisasi, harmonisasi serta sinergitas pembangunan daerah antara pemerintah daerah provinsi dengan pemerintah kabupaten/kota, sehingga tercipta derap langkah yang sama antar pemerintahan di suatu daerah. ”Hasil dari Musrenbang ini juga nantinya merupakan dari upaya pemerintah daerah Provinsi Lampung mewujudkan Nawa Cita dalam setiap sektor pembangunan yang dapat terus dirasakan masyarakat,” kata Gubernur.

Gubernur menjelaskan, dalam bidang pembangunan ekonomi, struktur ekonomi Provinsi Lampung saat ini masih didominasi oleh Sektor Pertanian, Kehutanan dan Perikanan sebesar 31,45 persen dan Sektor Industri Pengolahan sebesar 18,83 persen yang mengalami tren peningkatan setiap tahunnya. Untuk mendukung swasembada pangan nasional, produksi padi Provinsi Lampung terus mengalami tren peningkatan, pada tahun 2016 produksi padi sebesar 4,02 Juta Ton atau meningkat 11 persen dari Tahun 2015.

“Kinerja perekonomian yang direpresentasikan melalui angka Pertumbuhan Ekonomi Provinsi Lampung juga cukup baik, yaitu sebesar 5,15 persen (year on year) di atas angka pertumbuhan nasional yang sebesar 5,02 persen. Secara regional, pertumbuhan ekonomi Lampung berada di atas rata-rata Sumatera yang sebesar 4,29 persen dan menempati posisi ke-4 (empat) pertumbuhan”,tutupnya.

Dalam kesempatan itu Dirjen Ototomi Daerah Kementerian Dalam Negeri Soni Sumarsono dalam sambutannya mengatakan, Musrenbang adalah wadah aspirasi dari daerah ke pusat, dari bawah ke atas yakni Kabupaten/Kota. Aspirasi itu disandingkan dengan program yang terdapat di pusat dan disinergikan dengan Peraturan yang berlaku oleh Kementerian Dalam Negeri dan Bappenas. ”Peraturan inilah harusnya sudah dipahami dari masing-masing pihak yang terlibat dalam proses Musrenbang,”tegas Soni.

Diungkapkan Soni Sumarsono dalam tingkatan APBD tahun 2017 ini pada level Provinsi, Kementerian Dalam Negeri menilai Lampung telah tepat waktu dalam penyampaiannya. “Bapak Menteri berpesan agar terus dipertahankan. Ketepatan waktu dalam penyampaian APBD ini merupakan sebuah cerminan bahwa di Lampung hubungan antara Eksekutif dan Legislatifnya berjalan dengan harmonis, karena pada hakikatnya sinergi diantara keduanya wajib dijalankan, mengingat posisi keduanya sejajar,” ujar Dirjen. (Ti/rls)

Share Button

Related For Sektor Pertanian Masih Dominasi Ekonomi Provinsi Lampung