http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Lomba Masak Serba Ikan, Provinsi Lampung Raih Juara III Ketegori Menu Balita

Sabtu, November 12th 2016. | Lampung, Realita News
Ketua FORIKAN Lampung Tengah Ny.Nessy Mustafa

Ketua FORIKAN Lampung Tengah Ny.Nessy Mustafa

Jakarta– Provinsi Lampung meraih juara III pada Lomba Masak Serba Ikan Tingkat Nasional ke 14, untuk kategori menu balita. Lomba yang digelar di Jakarta International Expo Kemayoran pada 12 Nopember 2016 itu, dirangkai dengan Indonesia Seafood Expo (ISE) 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

Pada lomba tersebut, Provinsi Lampung diwakili oleh kelompok ibu-ibu yang tergabung dalam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lampung Tengah, yang juga merupakan peraih juara I tingkat Provinsi Lampung pada lomba serupa beberapa waktu lalu. Menu yang di tampilkan FORIKAN Lampung Tengah pada lomba tersebut adalah ”Tapis Labu Pegagan” yakni perpaduan olahan berbahan dasar Ikan Tuna, Labu Kuning dan daun Pegagan.

Menurut Kabid Bina Usaha Perikanan Lampung Tengah Titin Sumarni, inovasi menu balita berbahan baku ikan laut, yakni kombinasi antara ikan tuna, roti tawar dan labu kuning sebagai sumber karbo hidrat yang memang banyak di hasilkan di Kabupaten Lampung Tengah. Begitu juga daun pegagan yang sudah tak asing bagi warga Lampung Tengah yang dimanfaatkan sebagai sayuran sekaligus sebagai tanaman obat yang berkhasiat untuk kesehatan, serta dilengkapi beet root sauce.”Inovasi menu balita tersebut merupakan karya asli dari Lampung Tengah yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba,”kata Titin, mendamping Kadis Perikanan dan Peternakan Lampung Tengah Ahmed Fachrudin.

Pemenang juara III mendapatkan hadiah uang Tunai sebesar tunai sebesar Rp4.500 ribu dan plakat, diterima langsung oleh Ketua FORIKAN Kabupaten Lampung Tengah Ny.Nessy Mustafa didampingi Wakil Ketua FORIKAN Provinsi Lampung Ny.Bachtiar Basri.

Diharapkan, keberhasilan tersebut akan memacu semakin meningkatnya peran serta FORIKAN dalam menginisiasi peningkatan konsumsi ikan di Provinsi Lampung, khususnya di Kabupaten Lampung Tengah.

Menurut Ny.Nessy, budaya makan ikan sudah cukup berkembang di Kabupaten Lampung Tengah, akan tetapi upaya upaya inovasi menu dan produk-produk olahan ikan harus terus di tumbuh kembangan, sehingga dapat menjadi icon daerah dan menjadi sumber pendapatan masyarakat, mengingat potensi dan produksi ikan di Lampung Tengah sangat besar.

Ikan lanjutnya, adalah makanan yang sehat dan mencerdaskan anak-anak bangsa, yang dapat diolah dengan cepat dan mudah. Serta dapat dikombinasikan dengan berbagai bahan makanan lain, yang menarik minat anak-anak maupun orang dewasa. ”Ikan dapat dikonsumsi dengan aman oleh balita hingga manula, bahkan memberikan peranan penting pada tahap 1000 hari pertama kehidupan. Ayo kita budayakan makan ikan sebagai konsumsi tiap hari,”katanya. (Ti/pri)

Share Button

Related For Lomba Masak Serba Ikan, Provinsi Lampung Raih Juara III Ketegori Menu Balita