http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

LAN Jadikan Kabupaten Lampung Tengah Laboratorium Inovasi

Senin, Mei 8th 2017. | Lampung, Realita News

LAMPUNG,Terbagus.info– Lembaga Administrasi Negara (LAN), menjadikan Kabupaten Lampung Tengah sebagai Pemerintah Daerah pertama di Provinsi Lampung yang diproyeksikan sebagai Laboratorium Inovasi dan merupakan kabupaten keempat di Pulau Sumatera setelah Kabupaten Muara Enim Suamtera Selatan,  Kabupaten Karo Sumatera Utara dan Kabupaten Pakpak Bharat.

Laboratorium Inovasi  adalah program yang di gagas oleh Lembaga Administrasi Negara sejak tahun 2015 untuk mendorong inovasi di sektor publik di tingkat pemerintah kabupaten/kota.  Melalui program ini LAN telah memfasilitasi lebih dari 20 kabupaten/kota yang telah menghasilkan lebih dari 2.000 gagasan inovasi.

Penetapan Kabupaten Lampung Tengah sebagai Laboratorium inovasi ini dilakukan pada acara Akselerasi Pengembangan Inovasi administrasi negara di Komplek rumah Jabatan Bupati Lampung Tengah (8/5) oleh Lembaga Administrasi Negara (LAN).

Deputi Bidang Inovasi Administrasi Negara Dr.Tri Widodo Wahyu Utomo,SH.MA, menegaskan, untuk menjamin suksesnya Kabupaten Lampung Tengah sebagai laboratorium inovasi adalah dengan mengubah mindset dan paradigma ASN di Lampung Tengah agar bersemangat dalam melakukan inovasi, serta meningkatkan inovasi di semua OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di Kabupaten Lampung Tengah.

Tri Widodo mengatakan, LAN melihat bahwa telah ada inovasi di Lampung Tengah. Dia mencontokan bentuk inovasi yang dinamakan BUNDA SI TERKAYA (Budaya Ronda Sebagai Sistem Terpadu Keamanan dan Pelayanan). Melalui program ini dilakukan pelayanan terpadu di bidang kependudukan dan catatan sipil, pendidikan, kesehatan dan pertanian dengan menjadikan pos ronda, desa dan sekolah sebagai lokasi pelayanan melalui metode jemput bola. ”Juga adanya inovasi pembuatan beras singkong kerjasama antara pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dengan BPPT yang dipasarkan melalui gerai mini market setempat,”katanya.

Tri Widodo berharap, dengan di tetapkannya Lampung Tengah sebagai laboratorium inovasi, akan semakin banyak inovasi yang dihasilkan di daerah ini. Karena lanjuntnya, Lampung Tengah memiliki beragam potensi yang  dapat dikembangkan sebagai produk unggulan, terutama di bidang agrobis (pertanian, Perkebunan, kehutanan, perikanan). Diantaranya Lampung Tengah mampu menjadi produsen nanas terbesar di Indonesia. Selain itu, Lampung Tengah memiliki 44 obyek wisata yang terdiri dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya dan wisata argo.

”Dengan adanya program laboratorium wisata di Lampung Tengah, akan meningkatkan daya saing daerah ini baik pada tingkat regional maupun nasional,”tandasnya.

Bupati Lampung Tengah, Mustafa, menyampaikan rasa terima kasih dan rasa bangga atas dijadikannya Lampung Tengah sebagai laboratorium inovasi. Mustafa berharap hal ini tidak menjadikan terlena dan cepat berpuas diri dengan prestasi yang telah dicapai, melainkan  semakin memacu untuk terus berinovasi. Kepada kepala OPD, Bupati minta agar mampu menumbuhkan inovasi dalam pelaksanaan tugas dan fungsi untuk kemajuan Lampung Tengah.“OPD harus mampu membangun kemitraan dengan para stkeholder terutama masyarakat dan pihak swasta. Kepada Tim Pembina Inovasi Kabupaten Lampung Tengah yang baru terbentuk dapat membimbing seluruh kepala OPD agar proses inovasi dapat segera terwujud di OPD se-Kabupaten Lampung Tengah,”katanya. (Ti/rls)

Share Button

Related For LAN Jadikan Kabupaten Lampung Tengah Laboratorium Inovasi