http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Revitalisasi Pasar Bandarjaya Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lampung Tengah

Sabtu, Februari 18th 2017. | Ekonomi & Niaga, Lampung

Pasar Bandarjaya Plaza

Lampung,Terbagus.info- Geliat pertumbuhan perekonomian Lampung Tengah saat ini, bergeraknya pertumbuhan diberbagai sektor pendukung selain sektor pertanian, setidaknya dapat dilihat dari kontribusi sektor perdagangan, hotel dan restoran, serta sektor industri pengolahan yang berpengaruh terhadap pembentukan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) Kabupaten Lampung Tengah.

Pertumbuhan yang positif ini, membuat daerah ini tidak terlalu terpengaruh oleh kondisi perekonomian nasional yang mengalami perlambatan pada triwulan pertama tahun 2017. Untuk memperkuat struktur ekonomi Kabupaten Lampung Tengah, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah terus berupaya melakukan revitalisasi sejumlah pasar di daerah ini, satu diantaranya tevutalisasi terhadapPasar Bandarjaya Plaza.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Lampung Tengah,Abdulhak,mengatakan, revitalisasi pasar daerah termasuk khususnya Pasar Bandarjaya Plazasaat ini memang sebuah keharusan. Kita ketahui bahwa keberadaan Pasar Bandarjaya Plazadi puasat ibukota Kabupaten Lampung Tengah, harus mampu mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih signifikan. ”Sebagai pasar yang berada dipuast ibukota Bandarjaya Plaza harus bias meningkatkan perputaran uang di Bandarjaya, oleh karena itu Pasar Bandarjaya harus lebih representative agar pengunjung lebih tertarik. Tentunya harus menjadi pasar tradisional yang modern, tidak becek dan kumuh, ”katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Kabupaten Lampung Tengah Toherhan, M.Si didampingi Kepala Sub Bidang Perindustrian dan Perdagangan Amir Hamzah, SIP, menambahkan, kontribusi sektor perdagangan dan jasa yang cukup signifikan terhadap pembentukan PDRB Lampung Tengah, membuat pemerintah mulai saat ini memberikan perhatian yang serius terhadap hal tersebut untuk menyongsong perubahan dari suatu wilayah yang berbasis pada sektor agraris menjadi suatu wilayah yang berlandaskan pada sektor industri dan jasa.

Sebagai ikon sentra perdagangan di Kabupaten Lampung Tengah, sudah selayaknya Pasar Bandar Jaya mendapat perhatian yang serius dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Perdagangan untuk disuport menjadi Kawasan Pengembangan Pasar Modern. Terlebih, Pasar Bandar Jaya terletak pada Jalur Tengah Lintas Sumatera dan berada dekat dengan Toll Exit (Pintu Keluar Jalan Tol) yang berada di Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah.

Kawasan Pasar Bandar Jaya khususnya Kawasan Plaza Bandar Jaya pada saat ini terdapat sekitar 1700 kios yang dikelola oleh PT. Pandu Jaya Buana dengan sistem Built On Transfer (BOT) dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah sampai dengan Lima tahun kedepan,  perlu dilakukan peremajaan fisik secara modern.

Kawasan tersebut perlu ditata ulang dalam hal infrastruktur jalan termasuk jalan lingkungan disekitar Pasar Bandar Jaya tersebut untuk mengatasi kemacetan yang kerap terjadi sepanjang hari di kawasan pasar tersebut. Drainase perlu ditata ulang untuk mengantisipasi banjir yang dapat melumpuhkan aktifitas perekonomian di kawasan pasar tersebut.  Kondisi kelistrikan yang kerap kali Black Out (mati lampu) perlu dicari solusi yang teapat agar aktifitas perekonomian di kawasan pasar tersebut tidak terganggu.

Tak kalah penting persoalan kebersihan dan perparkiran harus dilakukan  penataan yang dengan pengelolaan yang professional. Serta satu hal yang perlu juga mendapat perhatian dari berbagai Stake Holder adalah menata kelola arus bongkar muat barang yang dapat berdampak pada kenyamanan dan keamanan penghuni dan pengunjung pasar, serta menghindari pungutan liar (pungli) yang kemungkinan dapat terjadi di kawasan pasar tersebut.

Untuk mewujudkan hal-hal tersebut diatas tentunya sangat dibutuhkan partisipasi Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi selaras dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah agar perekonomian masyrakat khususnya di Kabupaten Lampung Tengah dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dalam mendukung perekonomian di Propinsi Lampung.

”Apabila hal tersebut diatas dapat benar-benar diwujudkan dan dirasakan oleh masyarakat, sebagai gambaran kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampung Tengah,  kondisi ini akanberdampak pada perkembangan sektor sektor lainnya seperti sektor jasa, keuangan, transportasi, komunikasi, persewaan,”tandasnya. (ADV/TI)

Share Button

Related For Revitalisasi Pasar Bandarjaya Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lampung Tengah