http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Perempuan Miliki Peran Dalam Membentuk Karakter Bangsa

Rabu, April 27th 2016. | Lampung

peringatan hari kartini 137 Lamteng

LAMPUNG TENGAH,terbagus.info– Bupati Lampung Tengah Mustafa, menegaskan, perempuan merupakan tokoh sentral yang memiliki kemampuan dan kapasitas yang besar dalam membentuk karakter bangsa. Kemampuan ini, tentunya memerlukan pondasi yang kuat serta rasa percaya diri yang tinggi. Dengan kemampuan inilah yang mendasari Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan hak perempuan, sehingga mampu memberikan perubahan tatanan kehidupan masyarakat terutama yang terkait dengan posisi kaum perempuan.

”Atas perjuangan RA Kartini itulah, kini kita bisa melihat perempuan Indonesia yang hebat, tidak hanya berprofesi sebagai ibu rumah tangga tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan pembangunan dan sosial,” kata Bupati, dalam sambutan tertulis yang disampaikan Wakil Bupati Lamung Tengah Loekman Djojosoemarto, di Gunung Sugih, Rabu (27/4).

Jika kita bicara tentang posisi kaum perempuan, lanjut Bupati, berarti kita bicara tentang kesetaraan gender atau persamaan hak antara laki-laki dan perempuan. Namun dalam realitanya sering terjadi bias gender, dimana banyak pemahaman yang keliru bahwa kebebasan dan kesetaraan gender itu mengharuskan perempuan beraktivitas di luar rumah. Oleh karena itu, dibutuhkan kearifan dari kita semua untuk memberikan pemahaman dalam konteks yang lebih luas tentang tugas seorang perempuan secara kodrati, yang dimulai dari bagaimana memaksimalkan kemampuan perempuan dalam pembentukan karakter hingga mempersiapkan anggota keluarga ketika keluar rumah untuk bersosialisasi dalam masyarakat.

”Banyak program pembangunan yang harus menjadi fokus dan membutuhkan partisipasi dari kaum perempuan untuk menjadi motor penggerak. Antara lain bagaimana upaya untuk meningkatkan kesehatan ibu dan anak, menurunkan angka kematian ibu melahirkan (AKI) dan angka kematian bayi (AKB), pendidikan dasar sembilan tahun, mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,”katanya.

Sementara itu, Ketua Umum Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Lampung Tengah Nessy Kalviya Mustafa, mengatakan, peringatan hari Kartini ke 137 tahun 2016 Tingkat Kabupaten Lampung Tengah mengusung tema “Dengan Semangat Kartini, Kita Tingkatkan Peran Perempuan Dalam Pembangunan Menuju Keluarga Yang Sejahtera”. Melalui thema ini kata Nessy, mengajak seluruh kaum perempuan di Lampung Tengah untuk bersama-sama meningkatkan perannya dalam pembangunan. Hal ini, lanjutnya, bukan berarti mengurangi peran sebagai ibu dalam membina keluarga, tetapi dia mengajak kaum ibu untuk pandai menempatkan fungsinya sebagai ibu rumah tangga dan sebagai abdi masyarakat.

”Peringatan Hari Kartini ke 137 ini juga harus menjadi momentum bagi kita untuk melakukan introspeksi diri sebagai perempuan. Kita menyadari bahwa sebagai perempuan juga memiliki potensi diri yang perlu digali. Potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan ini perlu terus dikembangkan agar kiprah perempuan dalam pembangunan semakin nyata,”. katanya (Ti/pri)

Share Button

Related For Perempuan Miliki Peran Dalam Membentuk Karakter Bangsa