http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Enam Prioritas Pembangunan Lampung Tengah

Rabu, Maret 23rd 2016. | Lampung
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo didampingi Bupati Lampung Tangah dan Ketua DPRD Lampung Tengah beserta Forkopimda Lampung Tengah pada acara Musrenbang Kabupaten Lampung Tengah

Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo didampingi Bupati Lampung Tangah dan Ketua DPRD Lampung Tengah beserta Forkopimda Lampung Tengah pada acara Musrenbang Kabupaten Lampung Tengah

LAMPUNG TENGAH-Terbagus.info– Memasuki tahun kedua masa kepemimpin pansangan Bupati Mustafa dan Wakil Bupati Loekman Djojosoemarto, tahun 2017 merupakan babak awal bagi pemerintah Kabupaten Lampung Tengah dalam meletakan pondasi pembangunan yang sedikit banyak akan mempengaruhi laju pertumbuhan ekonomi. Setidaknya, kepala daerah baru di Kabupaten Lampung Tengah akan menghasilkan pemerintahan yang baru, dengan demikian arah kebijakan ekonomi Lampung Tengah akan mengalami sedikit perubahan.

”Mesrenbang merupakan musyawarah pemangku kepentingan tingkat Kabupaten guna mematangkan rencana kerja pembangunan daerah (RKPD) kabupaten yang disusun berdasarkan kompilasi seluruh rencana kerja SKPD yang disinkronkan dengan hasil Musrenbang tingkat kecamatan,” tegas Bupati Lampung Tengah Dr.Ir.Mustafa, pada pembukaan Musrenbang Kabupaten Lampung Tengah yang digelar di Gunung Sugih, Rabu (23/3).

Bupati mengingatkan, kebijakan ekonomi daerah diarahkan untuk meningkatkan kondisi perekonomian Kabupaten Lampung Tengah, serta meningkatkan ketahanan perekonomian dari tekanan eksternal. Tentunya dalam menyusun perencanaan pembangunan dimaksud, senantiasa berpedoman pada visi dan misi Bupati-Wakil Bupati Lampung Tengah yang baru, yang implementasinya diwujudkan dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) yang tengah di susun oleh tim penyusun RPJMD 2016-2021. Visi Lampung Tengah 2016-2021 adalah“Terwujudnya Lampung Tengah yang Aman, Maju, Sejahtera dan Berkeadilan”

Menurut Mustafa, untuk meningkatkan perkonomian daerah, mulai tahun 2017 Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah telah menetapkan 6 (enam) prioritas dan sasaran program pembangunan daerah. Pertama; Pembinaan Ketertiban dan Keamanan serta Wawasan Kebangsaan dengan Menegakkan Supremasi Hukum dan HAM, antara lain melalui peningkatan dan pembinaan wawasan kebangsaan bagi seluruh elemen masyarakat, dan pemberdayaan masyarakat.

Kedua ; Meningkatkan Pembangunan dan Pembenahan Kualitas Infrastruktur Wilayah yang Berkualitas, diantaranya melalui peningkatan dana pengembangan infrastruktur jalan dan jembatan, pengelolaan sumber daya air/irigasi, fasilitas umum, gerakan membangun masyarakat serta pembangunan partisipatif lainnya.

Ketiga ; Peningkatan Akses dan Kualitas Pelayanan Pendidikan dan Kesehatan, antara lain melalui peningkatan sumber daya manusia (SDM) dengan peningkatan aksesibilitas dan pemerataan kualitas pendidikan serta kesehatan

Keempat ; Penguatan Ekonomi Masyarakat Berbasis Agribisnis yang Didukung oleh Industri yang Berwawasan Lingkungan untuk Mendorong Kedaulatan Pangan; diantaranya melalui, revitalisasi pertanian berkelanjutan yang berwawasan lingkungan untuk mendorong kedaulatan pangan dengan pengembangan system pertanian berbasis agribisnis dan ekonomi kerakyatan.

”Berbagai upaya yang dilakukan antara lain dengan kegiatan pembinaan dan pengembangan system pertanian, perkebunan, peningkatan mutu dan hasil pertanian, pengembangan pengolahan hasil pertanian, kewirausahaan agribisnis, fasilitasi peningkatan kemitraan usaha bagi UMKM,”katanya.

Kelima ; Penguatan Inovasi Teknologi, Industri dan Perdagangan selaras dengan Perluasan Kesempatan kerja serta Pengembangan Ekonomi Kreatif, melalui peningkatan pengembangan sistem inovasi teknologi industri, meningkatnya kemampuan industri berbasis kearifan lokal, meningkatnya pembinaan industri menengah, kecil dan rumah tangga serta usaha perdagangan, meningkat dan berkembangnya perdagangan dan jasa, serta meningkat dan berkembangnya koperasi dan UMKM. .

Keenam ; Penyelenggaraan Pemerintahan yang Baik, Berkualitas dan Bertanggungjawab, diantaranya melalui peningkatan fungsi dan peran kelambagaan legislative, peningkatan kapasitas kebijakan kepala daerah/wakil kepala daerah, peningkatan sistim perencanaan, pengelolaan keuangan dan aset daerah, serta pembenahan sistem manajemen kepegawaian.

”Hendaknya musrenbang dapat merumuskan kebijakan strategis dalam pembangunan satu tahun kedepan untuk terwujudnya Lampung Tengah yang aman, maju, sejahtera dan berkeadilan,”tengas Mustafa.

Isu Strategis

Pencapaian prioritas dan sasaran pembangunan tersebut, tandas Mustafa, juga tidak terlepas dengan mempertimbangkan isu strategis dalam perencanaan pembangunan diantaranya terkait dengan pembangunan jalan Tol Lintas Sumatera yang saat ini tengah dikerjakan oleh pemerintah pusat dan ditargetkan akan selesai pada 2018, agar dapat memiliki daya ungkit yang besar dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Isu strategi lainnya,menurut Mustafa, berupa pengembangan Lampung Tengah Technopark di Kecamatan Anak Tuha yang diarahkan menjadi kawasan terpadu technopolitan. Kawasan ini akan dikembangkan menjadi kawasan pengembangan ketahanan pangan dimana terbagun sinergi antara dunia pendidikan, penelitian industri yang saling support satu sama lain. ”Di kawasan ini akan terdapat Technopark center berbasis padi, ubikayu dan sapi, lalu kampus II Unila yang difokuskan pada fakultas pertanian, peternakan, perikanan, hortikltura serta perkebunan dan kehutanan, juga kawasan yang akan memproduksi produk-produk hilir dari komoditas pertanian,”katanya.

Serta, kawasan industri yang akan memproduksi produ-produk hilir dari komoditas pertanian untuk pengembanggannya, telah dilakukan penandatanganan nota kesepahaman atau memory of understanding (MoU) antara Pemkab Lampung Tengah dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan BPPT Ri, sedang MoU dengan pihak Unlia dan Kemeristek Dikti tengah dipersiapkan. “Kita juga akan melalukan pengembangan pelabuhan di Bandar Surabaya guna mendorong perekonomian masyarakat dari sektor kelautan dan perikanan, disamping pengembangan cetak sawah didaerah sekitar menjadi lebih baik,”kata Mustafa. (Ti/pri)

Share Button

Related For Enam Prioritas Pembangunan Lampung Tengah