http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

TP PKK Lampung Tengah Berperan Dalam Gerakan Pangan LokaL

Senin, Mei 15th 2017. | Iklan

Sekretaris Kabupaten Lamteng Adi Erlansyah melibatkan TP PKK untuk memberikan pelatihan dan pembinaan menciptakan menu makanan non beras

terbagus.info – Gunung Sugih : Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah mencanangkan gerakan pangan lokal. Pencanangan ini bertujuan untuk memasyarakatkan bahan pangan lokal alternatif pengganti beras.

Sekretaris Kabupaten Lampung Tengah, Adi erlansyah mengatakan bahwa pencanangan gerakan pangan lokal bertujuan untuk mengurangi ketergantungan terhadap nasi sebagai bahan makanan pokok. “Diharapkan masyarakat tidak bergantung lagi dengan beras. Misalnya mengolah singkong dan jagung jadi bahan makanan pengganti beras,” Katanya.

Dalam kegiatan pencanangan pangan lokal ini melibatkan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Lampung Tengah. “Kita libatkan TP PKK untuk memberikan pelatihan dan pembinaan bagaimana menciptakan menu makanan non beras. tentunya ini bisa membantu perekonomian masyarakat,” ungkapnya.

TP PKK Lamteng juga akan berusaha membantu memasarkan produk-produk hasil olahan masyarakat sebagai menu alternatif pengganti beras. “TP PKK Lamteng siap memasarkan produk-produk kreatif hasil olahan masyarakat yang nantinya dapat mengangkat perekonomian di masyarakat. Di Indonesia ada sekitar 30-an Technopark salah satunya di Lamteng. Terlebih lagi kebanyakan masyarakat Lamteng menanam singkong dan jagung. Technopark mengolah singkong dan jagung menjadi panganan lokal berupa beras tepung,’ Ujarnya.

Wakil Bupati Lampung Tengah meninjau lomba cipta menu tingkat Kabupaten Lampung Tengah

Dengan terciptanya produk olahan singkong menjadi tepung, beras dan lain-lain, warga yang menderita diabetes tidak perlu khawatir lagi. “Olahan singkong dan jagung ini bisa dikonsumsi secara aman oleh penderita diabetes. Bahkan inovasi olahan ini akan meningkatkan nilai tambah ekonomi keluarga dan kelompok yang mengembangkannya,” Katanya.

Terkait pemasaran, Istri Bupati Lamteng Mustafa ini, TP PKK siap membantu dengan mengolah menjadi makana yang bisa dikonsumsi. “TP PKK punya cara sendiri dalam membantu pemasaran yakni melalui Pokja III yang siap membantu memasarkan produk olahan ini.

TP PKK Lampung Tengah sendiri sudah berkali-kali meraih penghargaan baik di tingkat provinsi maupun Nasional. Contohnya pada tahun 2016 TP PKK Lamteng meraih juara II dalam Lomba Cipta Menu B2SA PKK tingkat Provinsi Lampung. Kemudian mewakili Provinsi Lampung dalam Loma Masak Serba Ikan tingkat Nasional ke-14 dan Indonesian Seafood Expo (ISE) pada tahun 2016 dengan meraih juara III kategori menu balita. Lomba yang diselenggarakan oleh Kementerian kelatuan dan Perikanan di Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, 12 November 2016.

Menu yang ditampilkan pada lomba tersebut adalah menu balita Tapis Labu Pegagan. “Menu ini adalah ikan tuna lapis labu kuning dan daun pegagan. Ini adalah inovasi menu balita berbahan baku ikan laut yakni ikan tuna dan dikombinasikan dengan roti tawar dan labu kuning sebagai sumber karbohidrat,” ujarnya. “Menu ini merupakan karya asli Lampung Tengah yang dipersiapkan untuk mengikuti lomba. Apalagi labu kuning dan daun pegagan memang banyak dihasilkan di Lamteng. Dlaam menu ini juga dilengkapi dengan beet root sauce,” tambahnya.

Ketua TP PKK Nessy Mustafa meninjau lomba cipta menu makanan khas Lampung Tengah

Dengan keberhasilan sebagai juara III ini diharapkan akan semakin meningkatkan peran serta forikandalam menginisasi peningkatan konsumsi ikan di Lampung khususnya di Lamteng. “Budaya makan ikan di Lampung Tengah sudah cukup berkembang, namun perlu beberapa sentuhan inovasi menu dan produk olahan ikan. Hal ini agar dapat menjadi ikon daerah dan sumber pendapatan masyarakat mengingat potensi dan produksi ikan di Lampung Tengah sangat besar,” kata Nessy Mustafa. (Advertorial / TI)

Share Button

Related For TP PKK Lampung Tengah Berperan Dalam Gerakan Pangan LokaL