http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Pemkab Lampung Tengah Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Wilayah

Minggu, Agustus 14th 2016. | Iklan
Peningkatan Kualitas Jalan kabupaten

Peningkatan Kualitas Jalan kabupaten (Foto Dok.Ti)

Arah kebijakan pembangunan infrastrutur Kabupaten Lampung Tengah dalam lima tahun kedepan, fokus dan prioritas dalam meningkatkan pembangunan dan pembenahan infrastruktur wilayah yang berkualitas.

Letak geografis Kabupaten Lampung Tengah terbelah oleh Jalan Negara yang membentang dari batas wilayah selatan sampai ke batas wilayah utara, demikian juga Jalan Propinsi yang membentang dari batas wilayah timur sampai kebatas wilayah barat. Dengan melihat kondisi geografis jalan yang ada, maka jalan kabupaten yang terakses secara langsung ke jalan negara dan jalan propinsi perlu dilakukan upaya peningkatan dan pemeliharaan jalan demi mewujudkan jalan kabupaten dengan kondisi “Mantap”.

Belum maksimalnya peningkatan kualitas sejumlah infrasturktur di daerah ini, terutama jembatan, sumberdaya air, transportasi, listrik maupun infrstruktur perumahan dan permukiman terutama di pedesaan menjadi penyebab lambannya pertumbuhan perekonomian. Kondisi ini menjadi pekerjaan rumah yang cukup berat bagi pemerintahan pasangan Bupati Mustafa dan Wakil Bupati Loekman Djojosoemarto selama lima tahun kedepan, memimpin Kabupaten Lampung Tengah.

Di bidang transportasi, daerah ini dihadapkan pada masalah masih rendahnya kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana transportasi baik prasarana jalan maupun sarana perhubungan  antar wilayah yang belum merata. Pada bidang kelistrikan masih dihadapkan pada masalah keterbatasan daya dan jarinan listrik PLN, sehingga masih terdapat kampung yang belum terjangkau listrik. Sedang di bidang perumahan dan permukiman, dihadapkan dengan semakin meningkatnya kebutuhan akan perumahan dan sarana prasarana permukiman seperti penyediaan air bersih, persampahan, drainase, yang berdampak pada lingkungan permukiman yang kurang sehat.

Dari sejumlah masalah tersebut, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah berusaha mengurai permasalahan kondisi daerah, diantaranya dengan meningkatkan program sektor pekerjaan umum. Dengan segala keterbatasannya, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah terus berupaya secara maksimal melakukan berbagai usaha, untuk mendukung pembangunan infrastuktur jalan dan jembatan kabupaten yang harus selalu dalam kondisi baik. Salah satu upaya memacu meningkatkan pembangunan infrastruktur wilayah di derah ini, Bupati Lampung Tengah Mustafa telah menyampaikan secara langsung proposal atau expose di Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia pada tanggal 3 September  2015, lalu.

Expose dimaksud tentunya dengan harapan mendapatkan perhatian pemerintah pusat terkait dengan upaya penyelesaian jalan alternatif Lingkar Barat Gunungsugih-Terbanggibesar, pembangunan drainase jalan nasional Lintas Tengah Sumatera ruas Gunung Sugih -Terbanggi Besar, Infrastruktur Penunjang Jalan Tol, dan Infrastruktur Publik Daerah. Karena, pembangunannya tentu tidak mungkin bisa diselesaikan melalui dana APBD Kabupaten Lampung Tengah.

Prioritas pembangunan

Luasnya wilayah Kabupaten Lampung Tengah, sangat berpengaruh bagi peningkatan pembangunan infrastruktur dan tidak dapat tertangani secara menyeluruh. Hal ini juga termasuk dipengaruhi oleh kurangnya dana pemeliharaan infrastruktur pada infrastruktur yang telah terbangun.

Bupati Mustafa terus berupaya meningkatkan pembanguna  infrastruktur jalan di Kabupaten Lampung Tengah baik sacara kuantitas maupun kualitasnya. Beberapa infrastruktur jalan yang menjadi prioritas pembangunannya pada masa pemerintahan Bupati Mustafa, meliputi; pembangunan jalan Alternatif Lingkar Barat, Pembangunan jalan pada Kawasan Pendidikan Terpadu guna mendukung program Propinsi Lampung dalam pengembangan kawasan Pendidikan Terpadu. Lalu, Meningkatkan akses infrastruktur daerah perbatasan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah perbatasan, Membuka daerah daerah terisolir, seperti Marga Jaya, Linggapura dan Gedung Aji, dan menuju “Jalan Mantap” dengan melakukan peningkatan dan pemeliharaan infrastruktur jalan dan jembatan.

Pembangunan Jembatan Jalan Kabupaten

Pembangunan Jembatan Jalan Kabupaten (Foto Doc.Ti)

Sektor Tata Ruang

Sasaran dan target pembangunan kabupaten Lampung Tengah dalam lima tahun kedepan telah ditetapkan, termasuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang di implementasikan kedalam program pembangunan tahunan. Pembangunan sektor Cipta Karya dan Tata Ruang, dalam jangka pendek, Pemkab Lampung Tengah memprioritaskan pada pembentukan wajah kawasan, Membangun ruang-ruang yang dapat mewadahi fungsi rekreatif dan menciptakan kegiatan-kegiatan  ekonomi baru.

Pemerintah juga telah merencanakan pembangunan ruang- ruang terbuka berbentuk taman atau bentuk lainnya dalam berbagai skala, tujuannya untuk membentuk wajah kawasan, khususnya dimulai dari kawasan perkotaan. Masing-masing ruang terbuka akan didisain unik dan tetap memiliki benang merah satu dengan lainnya. Selain membentuk wajah kawasan, diharapkan ruang-ruang tersebut memberi nilai tambah dan menjadi daya tarik seperti halnya tugu Kopiah Emas. Ruang-ruang tersebut diupayakan sebesar mungkin untuk dapat diakses oleh masyarakat dan dapat menjalankan fungsinya sebagai ruang interaksi dan rekreasi untuk masyarakat luas .

Sektor  ke-Cipta Karya-an 

Pembangunan sektor ini Pemkakb Lampung Tengah bertekad mewujudkan bangunan berkualitas baik, terlayani Air Bersih, Pengelolaan sampah berkelanjutan, akses Sanitasi berkualitas baik, serta jalan dalam Lingkungan, Kawasan tanpa genangan.

Untuk menambah cantik wajah Ibukota Lampung Tengah, pemerintah daerah juga  akan membangun Taman Gajah di Gunung Sugih. Taman Gajah dimaksud akan memvisualkan Sembilan Gajah yang menarik Seorang Raja tengah menaiki Kereta Kencana. Taman Gajah direncanakan dibangun di lahan milik Pemkab Lampung Tengah.

Pemkab Lampung Tengah juga akan melakukan penataan kawasan tepian Sungai Way Seputih, menjadi ruang rekreasi yang dapat mewadahi kegiatan-kegiatan seperti memancing, sewa perahu dan kegiatan lainnya. Sedang, pada sisi luar jembatan dapat dibangun lintasan bersepeda, dengan lebar yang memadai sehingga dapat memuat beberapa kegiatan sekaligus.

Disadarai, dalam setiap langkah pembangunan tentunya tidak terlepas dari sistem perencanaan dan penganggaran. Pembangunan akan berjalan secara efektif dan efisien apabila didukung oleh sistem perencanaan daan penganggaran yang baik, yaitu perencanaan yang mengedepankan prioritas dan aspirasi yang berkembang dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah.

Untuk mewujudkan sistem perencanaan dan penganggaran yang baik, tentunya kedepan harus didukung oleh sistem perencanaan yang berbasis Ilmu pengetahuan dan teknologi. Sehingga perencanaan pembangunan dapat berjalan selaras antara Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM-D), dan Rencana Kerja Pemerintah Daerah(RKPD) Tahunan. Untuk menselaraskan dokumen perencanaan tersebut diperlukan sebuah sistem perencanaan yang terintegrasi yang berbasis teknologi komputerisasi. Saat ini, Pemkab Lampung Tengah sedang mengembangkan sistem perencanaan pembangunan daerah (SIPPD), yang inputnya akan mengakomodir dari hasil Musrenbang, hasil Reses DPRD, Rencana Kerja SKPD dan Kebijakan Bupati, dimana semuanya akan diramu untuk menentukan prioritas pembangunan pada setiap tahunnya. Sehingga diharapkan sistem perencanaan dan pengenggaran dapat berjalan efektif, efisien  dan akuntabel. (Adv/Ti)

Share Button

Related For Pemkab Lampung Tengah Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Wilayah