http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Pengembangan Sektor Pariwisata Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lampung Tengah

Kamis, Mei 26th 2016. | Iklan, Wisata
Air Terjun Curup Tujuh,Obyek Wisata di Lampung Tengah

Air Terjun Curup Tujuh,Obyek Wisata Alam di Lampung Tengah

Pariwisata seringkali dipersepsikan sebagai mesin penggerak ekonomi atau penghasil devisa bagi pembangunan ekonomi di suatu daerah atau negara. Namun demikian pada kenyataannya, pariwisata memiliki rangkaian fundamental pembangunan yang lebih luas bagi daerah atau suatu negara.

Pengembangan industri pariwisata di suatu daerah diharapkan mampu menjadi faktor pemicu bagi perkembangan ekonomi, yang akan berpengaruh bagi kemakmuran masyarakat, dengan ditandai berkembangnya sektor komunikasi, transportasi, akomodasi, dan jasa-jasa pelayanan lainnya.

Pengembangan pariwisata juga diharapkan mampu menjadi bagian tak terpisahkan dalam pelestarian budaya, nilai-nilai sosial agar bernilai ekonomi. Dan berkembannya aneka produk lokal seiring dinamika sosial ekonomi pada daerah yang menjadi destinasi, yang muaranya tentu pariwisata mampu menghasilkan devisa.

Kabupaten Lampung Tengah, memiliki potensi untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai tulang punggung pembangunan ekonomi daerah. Hal ini mengingat Lampung Tengah juga memiliki beberapa obyek wisata berupa keragaman dan keindahan alam, keragaman suku dan adat istiadat, serta keragaman seni dan hasil kerajian rakyat. Beragam investasi pun berpeluang dikembangkan pada industri pariwisata di Lampung Tengah, mulai dari kuliner, beragam produk kerajinan kreatifitas warga, hotel, dan pengembangan sarana rekreasi di obyek-obyek wisata alam yang ada.

Secara geografis Lampung Tengah terletak pada posisi yang sangat strategis berada di jalur Jalan Lintas Sumatera. Luas wilayah Lampung Tengah mencapai 4.789,82 Km2, dengan topografi sebagian besar wilayah bagian utara dan timur merupakan dataran rendah yang mempunyai ketinggian berkisar 0-30 meter di atas permukaan laut (dpl), sedang wilayah bagian barat merupakan daerah pegunungan dengan ketinggian lebih dari 1.000 dpl.

Penduduk Kabupaten Lampung Tengah terdiri dari penduduk asli etnis Lampung dan pendatang yang berbaur serasi dan harmonis. Penduduk asli etnis Lampung yang bermukin di Lampung Tengah terdiri dari masyarakat kebuaian Abung Siwo Mego dan masyarakat Pubian. Sedangkan penduduk pendatang terdiri dari etnis Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur,dan Banten), masyarakat etnis Bali, masyarakat Batak, masyarakat Semendo Sumatera Selatan, masyarakat Sumatera Barat, dan berbagai etnis suku yang ada di Indonesia.

Potensi Pengembangan Pariwisata

Kabupaten Lampung Tengah dengan iklim tropisnya sepanjang tahun, memiliki potensi kekayaan alam yang belum sepenuhnya dieksploitasi atau dikembangkan untuk kesejahteraan rakyat. Kekayaan keragaman dan keindahan alam yang dimiliki Lampung Tengah dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Obyek pariwisata alam yang dimiliki daerah ini tersebar dibeberapa wilayah kecamatan, namun potensi tersebut belum dikelola secara profesiaonal dan masih alami. Beberapa obyek wisata alam tersebut berupa Air terjun Curup tujuh, Danau Tirtagangga, Danau Telogorejo, Danau Bekri, juga Wisata Agro berupa perkebunan tebu dan pabrik gula, serta perkebunan dan pabrik pengalengan nanas.

Air terjun Curup Tujuh merupakan obyek wisata alam yang memiliki daya tarik tersendiri bagi mereka yang memiliki hoby petualangan, karena obyek wisata ini berada dikawasan hutan lindung dengan air terjun yang memiliki tujuh tingkatan terbentuk secara alami. Arus air yang mengalir sampai kedasar tebing terdapat sebuah pulau bambu, dimana pohon-pohon bambu yang ada di pulau itu memiliki ruas yang cukup panjang dan berwarna hijau, sehingga mengundang pesona tersendiri.

Obyek wisata air terjun yang berada di wilayah barat Lampung Tengah ini masih memiliki pemandangan yang naturalistik dan menawan sebagai obyek wisata alam. Selain air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 50 meter, pengunjung juga akan dibuai semilirnya hembusan angin pegunungan yang menambah sejuknya udara yang menyegarkan.

Tak kalah indah dan menawan, ada pada obyek wisata Danau Telogorejo di Kecamatan Sendang Agung degan luas 17,5 hektar yang dikelilingi bukit, hutan dan persawahan, sedang obyek wisata Danau Bekri dengan luas 20,41 hektar berada di kawasan perkebunan kelapa sawit dan tebu milik PT.Perkebunan Nusantara VII, begitu juga Danau Tirta Gangga seluas 75 ha dengan kedalaman 25-30 meter memiliki panorama alam yang indah, sangat tepat untuk menjadi lokasi rekreasi olahraga air dan memancing.

Sedang di pusat Ibukota Lampung Tengah telah dibangun beberapa lokasi rekresai didalam kota, berupa Tugu Pepadung, Tugu Kopiah Emas, di Kota Gunung Sugih, serta centra  footsal dan water boom di Bandarjaya. Untuk melengkapi sarana rekerasi bagi warga, Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, saat ini tengah menggagas pembangunan taman kota di pusat ibukota Gunung Sugih dengan memanfaatkan lapangan Merdeka Gungun Sugih, dan pembangunan obyek wisata Cagar Budaya Kampung Tua sebagai  Kampung Wisata yang dipusatkan di Kampung Terbanggi Besar. Dipilihnya Kampung Terbanggibesar sebagai obyek wisata Cagar Budaya Kampung Tua, karena selain untuk melestarikan budaya Asli etnis Lampung, Kampung Terbanggi Besar berada posisi yang startegis di tengah wilayah Kabupaten Lampung Tengah dan berada di jalur jalan laintas Sumatera.

Selain obyek wisata alam, Lampung Tengah juga  memiliki beragam budaya daerah yang dapat menjadi bagian yang memikat dalam pengembangan potensi wisata kabupaten ini.  Pada tahun 2015 terdapat 696 sanggar seni budaya yang berkembangan di kabupaten ini. Juga  terdapat 26 benda, situs dan cagar budaya yang dilestarikan, berupa benda purbakala, artefak, cemeti, benteng, goa, prasasti, talo tua, meriam, makam kuno.

Berkembang tidaknya potensi pariwisata di Lampung Tengah sangat membutuhkan komitmen pemerintah daerah dan keterlibatan semua SKPD pemangku kepentingan. Dengan melepaskan sikap ego sektoral, sudah saatnya semua SKPD bahu membahu mambangun industri pariwisata Lampung Tengah. Tak kalah penting adanya dukungan masyarakat didalam menciptakan rasa aman bagi pengembangan investasi dan para wisatawan yang berkunjung ke Lampung Tengah. Kemampuan Pemerintah dan masyarakat Lampung Tengah memberikan jaminan keamanan dan toleransi, akan menjadi syarat mutlak bagi tumbuh dan berkembangnya industri pariwisata di daerah ini. (Adv/Ti)

 

 

Share Button

Related For Pengembangan Sektor Pariwisata Dukung Pertumbuhan Ekonomi Lampung Tengah