http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Lampung Tengah, Menggali Potensi Raih Prestasi

Selasa, Oktober 18th 2016. | Iklan, Pertanian
Snack Olahan Ikan

Snack Olahan Ikan

Setelah meraih juara I lomba masak serba ikan tingkat provinsi Lampung,  berupa diversifikasi produk olahan ikan untuk keluarga, Kabupaten Lampung Tengah akan mewakili Provinsi Lampung dalam Lomba Masak Serba Ikan tingakt nasional yang di selenggarakan Kemeterian Kelautan dan Perikanan RI pada Nopember mendatang.

Kelompok yang akan berlaga di tingkat nasional tersebut adalah ibu-ibu yang tergabung dalam Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Lampung Tengah. Mereka akan menguji kemampuan membuat olahan serba ikan, berupa menu snack, kudapan dan menu untuk balita. Lomba masak serba ikan ini sebagai upaya menginisiasi program gemar makan ikan.

”Lomba olahan ikan diikuti secara berjenjang dari tingkat kabupaten sampai tingkat nasional. Kita mewakili Provinsi Lampung ke tingkat nasional, pada 12 Nopember di Jakarta. Pesertanya diminta ibu-ibu PKK, mengingat ibu-ibu PKK lebih dekat dengan keluarga, anak-anak dan masyarakat, “ ungkap Titin Sumarni, Kabid Bina Usaha Perikanan, Dinas Perikanan danPeternakan Lampung Tengah.

Untuk lebih menguasai materi yang dilombakan, lanjut Titin, pihaknya telah bekerjasama dengan Indonesia Chep Asosiasi (ICA) Bandarlampung untuk melatih mereka yang akan mengikuti lomba,  terutama dalam memantapkan pengolahan masakan serba ikan yang inovatif. ”Kita harapkan mereka mampu keluar sebagai juara, yang akan membawa harum nama Provinsi Lampung, khususnya Lampung Tengah,”katanya.

Olahan ikan untuk anak dan balita

Olahan ikan untuk anak dan balita

Selain mengikuti lomba masak serba ikan, Kabupaten Lampung Tengah juga akan mengirimkan peserta  lomba inovasi pengolahan makan serba ikan tingkat nasional pada 26 Nopember mendatang. Lomba inovasi pengolahan makan serba ikan dikhususkan bagi kelompok muda dengan usia maksimal 25 tahun. ”Lomba ini pesertanya adalah para kader muda, dengan harapan pada diri mereka akan tumbuh rasa cinta makanan ikan, lalu memiliki ketertarikan untuk mengembangkan usaha kuliner ikan, yang bisa di terima oleh kalangan anak muda,”katanya.

Kelompok inovasi ini akan mengkuti lomba tingkat nasional ini setelah berhasi keluar sebagai juara I tingkat Provinsi Lampung. Dari penilaian, mereka mampu memadukan saos bunga rosela dengan olehan ikan. Kedepan kemampuan mereka berinovasi bisa menjadi icon kuliner olahan ikan dari Lampung Tengah. ”Dalam lomba inovasi lalu, olahannya standar hanya mereka buat olahan ikan semacam susi di padu dengan saos rosella,”katanya.

Tingkatkan Ragam Inovasi

Kedepan Lampung Tengah tidak lagi hanya fokus pada peningkatan produksi ikan, tetapi juga menggali potensi perikanan dengan meningkatkan ragam inovasi produk makanan olahan berbasis ikan. Sehingga produk perikanan yang dijual bukan lagi  berupa ikan segar, tetapi sudah beragam produk makan jadi berbahan baku ikan. begitu juga, peluang usaha kuliner masakan serba ikan masih sangat terbuka di Lampung Tengah, mengingat secara geografis daerah ini memiliki posisi strategis di jalur lintas Sumatera. ”Kita harus prakarsai rumah makan yang menyajikan olahan serba ikan yang dikelola oleh kelompok nelayan,”katanya.

Lampung Tengah  harus mampu menjadi daerah destinasi wisata kuliner serba ikan. Sekarang saja di sepanjang jalan lintas Sumatera mulai dari perbatasan Kabupaten Pesawaran hingga perbatasan Lampung Utara atau perbatasan kabupaten  Tulang Bawang sudah banyak pilihan kuliner serba ikan seperti  pindang ikan patin, ikan baung, pecel lele, atau gurami yang ditawarkan oleh sejumlah rumah makan. Kita juga harus sudah pikirkan kemungkinan membuka gerai pusat jajanan serba ikan, termasuk ikan asin, dan ikan asap (lele asap, patin asap, gabus asap), dan berbagai produk makanan olahan yang serba ikan. ”Jangan ikan asap kita yang produksi tetapi daerah lain yang menjualnya, orang lebih mengenal daerah yang menjual bukan daerah yang memproduksi,”katanya.

Menurut Titin, saat ini pihaknya telah mengusahakan antara rumah makan yang menyajikan olahan ikan bekerja sama dengan kelompok binaan budidaya ikan yang telah bersertifikasi. Di Lamppung Tengah  sudah ada sekitar 11 kelompok budidaya ikan yang telah bersertifikasi. Mereka, secara berkala dilakukan penilaian dalam usaha berbudidaya, mulai dari kualitas pakan yang diberikan atau pakan yang dibuat baik komposisi, termasuk asal pakan di peroleh dari mana.

”Penilaian dilakukan secara berkala, dimulai dari asal benih ikan hingga proses budidaya, mereka ada sertivikasinya. Memang yang paling banyak sertivikasi diberikan adalah pada produk olahannya,”katanya.

g-nugget-patin

Beragam produk olahan ikan siap go market yang di produksi kelompok npengolahan dan pemasaran yang ada di Lampung Tengah. Diversifikasi produk olahan ikan juga telah diproduksi oleh POKLAHSAR (Kelompok Pengolah dan Pemasar) dibawah binaaan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lampung Tengah saat ini mulai berkembang dengan aneka olahan ikan lele dan patin seperti : nugget lele, bakso lele, rambak lele, abon patin dan lele, stik patin dan  lele, pastel patin dan lele, keripik tempe rasa lele (kriple), kerupuk upik/singkong rasa lele (krupile), kerupuk lele dan lainnya.  POKLAHSAR yang saat  ini menekuni diversifikasi produk olahan ikan diantaranya : POKLAHSAR  MINA MANFAAT, POKLAHSAR WANITA MINA KARYA LUHUR (WINAKA), POKLAHSAR MINA SEKAR MEWANGI, POKLAHSAR MINA TRANSAD, POKLAHSAR SANGU BANYU, DAN POKLAHSAR MINA DAHLIA

Budi daya ikan akan berkembang bila unit-unti usaha hilirnya juga dikembangkan. Unit-unit usaha hilir akan maju bila di dukung dengan kegiatan wisata, setidaknya Lampung Tengah bisa mengembangkan wisata kuliner di sepanjang jalan lintas Sumatera,  atau pemenfaatan Terminal Betan Subing sebagai Terminal Agro, sekaligus rest area ketika Jalan Tol Tran Sumatera di operasikan.  ”Untuk pengembangan unit usaha kita sudah punya data best baik kelompok budi daya, maupun kelompok olahan. Untuk mendukung pengembangan usaha bagi kelompok masyarakat, saat ini masih terkendala permodalan,”katanya. (Adv/Ti)

Share Button

Related For Lampung Tengah, Menggali Potensi Raih Prestasi