http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Peran Strategis Sekolah Meningkatan Kualitas SDM

Senin, Mei 16th 2016. | Fokus, Pendidikan
Bupati Lamung Tengah Mustafa, menyerahkan buku kepada siswa pada Pencanangan Gerakan Literasi Sekolah, Kabupaten Lampung Tengah

Bupati Lampung Tengah Mustafa, menyerahkan buku kepada siswa pada Pencanangan Gerakan Literasi Sekolah, Kabupaten Lampung Tengah

Lampung Tengah,Terbangus.info– Bupati Lampung Tengah Mustafa, mengingatkan, tantangan yang dihadapi di era global ini mengharuskan semua pihak agar lebih memperkuat jati diri, identitas dan karakter sebagai warga negara Indonesia. Hal ini, lanjutnya, agar masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat Lampung Tengah, mampu menghadapi berbagai tantangan dan hambatan, dalam hidup bermasyarakat dan bernegara.
”Peningkatan kualitas sumber daya manusia menjadi kebutuhan yang mendesak untuk segera diwujudkan. Dalam hal ini, sekolah memegang peranan strategis dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia melalui pendidikan,”kata Mustafa, pada Pencanangan Gerakan Literasi Sekolah, Kabupaten Lampung Tengah, Senin (16/5).
Ditegaskannya, penyelenggaraan pendidikan tentunya tidak hanya upaya peningkatan pengetahuan dan wawasan saja, tetapi adanya upaya pembentukan karakter terhadap siswa didik sehingga akan dihasilkan lulusan yang tidak hanya cerdas secara intelektual tapi juga memiliki karakter, moral dan akhlak yang baik.
”Karakter yang dibangun bukan hanya karakter berbasis kemuliaan diri dan kesantunan semata, tetapi secara bersamaan harus dibangun karakter yang mampu menumbuhkan kecerdasan intelektual sebagai modal untuk membangun kreativitas dan daya inovasi,”katanya.
Literasi, kata Bupati, dapat diartikan sebagai sebuah kemampuan membaca dan menulis. Kita mengenalnya dengan melek aksara atau keberaksaraan. Namun sekarang ini literasi memiliki arti luas, sehingga keberaksaraan bukan lagi bermakna tunggal melainkan mengandung beragam arti atau multi literacies. Bermacam literasi atau keberaksaraan, misalnya literasi komputer, literasi media, literasi teknologi, literasi ekonomi, literasi informasi, bahkan ada literasi moral.
”Seorang dikatakan literat jika ia sudah bisa memahami sesuatu karena membaca informasi yang tepat dan melakukan sesuatu berdasarkan pemahamannya terhadap isi bacaan tersebut,”katanya.
Pemerintah Kabupaten Lampung Tengah, tandas Bupati, sangat mendukung program unggulan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang dinamakan “Gerakan Literasi Bangsa (GLB)” dengan melaksanakan Gerakan Literasi Sekolah. Untuk menyukseskan Gerakan Literasi Sekolah ini, lanjutnya, akan dilakukan pembenahan berbagai sarana baca, baik di perpustakaan, di sekolah maupun tempat-tempat strategis di Kabupaten Lampung Tengah. ”Saya mengajak semua siswa dan warga masyarakat untuk gemar membaca. Bacalah kitab suci, bacalah Iptek, bacalah alam semesta, bacalah buku, bacalah majalah atau surat kabar, bacalah dirimu, dan bacalah kehidupan sesungguhnya,”katanya.(Ti/pri)

Share Button

Related For Peran Strategis Sekolah Meningkatan Kualitas SDM