http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

SMP MBS Poncowati, 3 Tahun Hafal 5 juz Alquran dan 40 Hadits

Sabtu, Januari 30th 2016. | Pendidikan

 

Siswa SMP MBS Poncowati tengah menadaptkan bimbingan

Siswa SMP MBS Poncowati tengah menadaptkan bimbingan

Terbagus.info, LAMPUNG TENGAH-Sekolah Menengah Pertama Muhammadiyah Boarding School (SMP MBS) Poncowati, Lampung Tengah  adalah salah satu lembaga pendidikan Islam bernuansa Pondok Pesantren Modern, berusaha menyiapkan kader pemimpin dan ulama yang Qurani, yang mampu mengemban misi Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin.

Ponpes Modern ini pendiriannya dirintis oleh Pengurus Ranting Muhammadiyah Pocowati Lampung Tengah. Pada tahun pertama ini, SMP MBS Poncowati telah memiliki siswa sebanyak 26 orang terdiri dari 20 orang santri laki-laki dan 6 orang santri perempuan. Para santri masih berasal dari daerah sekitar Lampung Tengah.

Sebagai Pondok Modern, SMP MBS Poncowati menerapkan sisim pendidikan 24 jam, oleh karena itu para siswa mukim/tinggal di asrama yang telah disediakan. Sedang pola pendidikan yang diterapkan adalah pola pendidikan terpadu antara pendidikan umum dan pendidikan agama. Dengan demikian siswa tidak hanya mendapatkan ilmu pengetahuan Islam saja, tetapi juga mendapatkan ilmu pengetahuan umum. “Untuk kedepan kami sudah mengkaji dan memilah mana mata pelajaran yang akan secara intensif diterima siswa sejak dari kelas I sampai dengan kelas III dan mana mata pelajaran yang hanya di berikan di kelas I, atau II dan tiga saja,”kata Kepala SMP MBS Poncowati, Drs.Duriyanto.

Kendati SMP MBS terkesan sebagai sekolah umum, kata Duriyanto, namun tetap memiliki perbedaan dengan sekolah umum. Perbedaannya, lanjut dia, terkait dengan jumlah siswa dlam rombongan belajar. Kelas boarding school cenderung siswanya tidak banyak seperti sekolah umum, hal ini dilakukan agar guru bisa fokus dalam berinteraksi dengan siswa.

Dalam sistim pendidikan boarding school, seluruh peserta didik wajib tinggal di dalam satu asrama, hal ini untuk memudahkan guru dalam melakukan pengawasan dan mengontrol perkembangan karakter peserta didik dalam kegiatan kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler sekolah. ”Kesesuaian sistem boardingnya terletak pada semua aktifitas siswa yang diprogram diatur dan dijadwalkan dengan jelas. Sementara aturan kelembagaannya dengan muatan nilai-nilai moral,”katanya.

Boarding Schoool, lanjutnya, menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi kebutuhan siswa, fasilitas yang ada lengkap untuk menyalurkan bakat dan hobi para siswa. Di boarding school, siswa memiliki kesempatan untuk mengeksplorasi berbagai bakat sesuai dengan bidang yang diminati. ”Untuk mengembangkan bakat dan minat siswa di SMP Muhammadiyah Boarding School Poncowati, saat ini telah disediakan fasiltas olahraga futsal, kepanduan Hizbul wathon, dan seni bela diri Tapak Suci,”katanya.

Di tandaskan Duriyanto, keunggulan lain dari SMP MBS Poncowati adalah, kualifikasi kelulusan selain harus mencapai nilai ujian nasional yang memuaskan, juga setelah tamat siswa mampu hafal AlQuran sedikitnya 5 juz dan 40 haditas pilihan. Lulusan SMP MBS Poncowati juga memiliki akhlak yang luhur, beribadah yang benar sesuai sunnah rasulullah saw, memahami dasar agama Islam, mampu berkomunikasi aktif dengan bahsa Arab dan Inggris, serta memiliki ketrampilan agar mampu berdaya saing.

”SMP MBS Poncowati mengembangan kurikulum yang mengintegrasikan agama dengan pendidikan dan antara iman dengan kemajuan dinamis,”katanya.

Melalui kurikulum pendidikan nasional SMP MBS Poncowati menyiapkan manusia berkemajuan yang memiliki etos tajdid/pembaharuan, berfikir cerdas, inovatif dan berwawasan luas serta modern. Sedang melalui kurikulum pesantren akan melahirkan generasi pembelajar yang qurani, berakhlak mulia, berkemajuan dan unggul sebagai perwujudan tajdid dakwah amar ma’ruf nahi munkar. ”Tentunya melalui SMP MBS ini pendidikan kader di mulai sebagau upaya menyiapkan kader persyarikatan, umat dan bangsa yang ikhlas, peka, peduli, dan bertanggungjawab terhadap kemanusiaan dan lingkungan,”tandas Duriyanto. (Ti/pri)

Share Button

Related For SMP MBS Poncowati, 3 Tahun Hafal 5 juz Alquran dan 40 Hadits