http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Pemkab Lampung Tengah Optimalkan Pelayanan RSUD Demang Sepulau Raya

Senin, Juni 13th 2016. | Fokus, Kesehatan
Kunjungan Pasien ke Rumah Sakit Demang meningkat

                                                                                                                 Kunjungan Pasien ke Rumah Sakit Demang meningkat

LAMPUNG TENGAH, Terbagus.info- Arah kebijakan pembangunan bidang kesehatan Kabupaten Lampung Tengah, antara lain meliputi peningkatan manajemen mutu pelayanan kesehatan secara merata dan terjangkau, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berprilaku bersih dan sehat. Serta meningkatkan akses dan pemerataan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Diantara upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dimaksud, pemerintah Kabupaten Lampung Tengah berupaya mengoptimalkan peran Rumah Sakit Umum Daerah Demang Sepulau Raya dalam melakukan pelayanan kesehatan. Keseriusan pemerintah daerah setempat dalam memberikan pelayanan, diantaranya dengan meningkatkan keamanan dan kenyamanan bagi pasien maupun keluarganya  ketika berobat di RSUD Demang Sepulau Raya.

Hal ini dilakukan, agar tidak ada lagi keluhan keluarga pasien terkait dengan ketidaknyamanan serta ketidak amanan ketika melakukan perawatan di rumah sakit daerah, yang berdampak pada menurunnya jumlah kunjungan pasien. Masyarakat lebih memilih berobat ke rumah sakit swasta yang ada di Lampung Tengah atau ke rumah sakit daerah lain, seperti ke Kota Metro.”Pak Bupati telah malakukan pembenahan terhadap pelayanan rumah sakit yang selama ini dikeluhkan masyarakat, termasuk memberikan jaminan keamanan dan kenyamanan keluarga pasien ketika beroboat di rumah sakit daerah,” kata Direktur RSUD Demang Sepulau Raya Ismudijanto, Senin(13/6).

Dengan melakukan pembenahan serta adanya jaminan keamanan dan kenyamanan bagi keluarga pasien di RSUD Demang, ujar Ismu, terjadi peningkatan yang sigifikat terhadap kunjungan pasien baik yang rawat inap maupun rawat jalan. Untuk bulan Mei lalu saja, lanjutnya, kunjungan pasien baik rawat inap maupun rawat jalan mencapai 2000 kunjungan lebih. Padahal tahun 2015 lalu, kunjungan pasien hanya berkisar antara 300-400 perbulan.

Keseriusan dalam peningkatan pelayanan rumah sakit, tandas Ismu, terlihat dari seringnya Bupati malakukan inspeksi mendadak dimalam hari, untuk memastikan kinerja para medis pada waktu piket malam. ” Pak Bupati secara inten melakukan pemeriksaan mendadak ke rumah sakit. Bagi mereka yang kedapatan tidur tanpa ada yang tugas jaga, maka piket malam itu dipanggil untuk membuat surat pernyataan. Tidur itu manusiawi, tetapi hendaknya petugas jaga bisa membagi waktu tidur secara bergantian,” kata Ismudijanto

Kebijakan peningkatan pelayanan rumah sakit daerah juga dibarengi dengan mewajibkan Puskesmas di Lampung Tengah untuk merujuk pasien ke Rumah Sakit Demang. Artinya, tegas Ismu, pelayanan yang  sumber dananya dari paket daerah diharapkan pasien dirujuk ke Rumah Sakit Daerah Demang Sepulau Raya. ” Semua Puskes sudah melaksanakan kebijakan Bupati,  setiap pasien sudah dirujuk ke Rumah Sakit Demang. Untuk 100 hari kinerja Bupati kami sudah menyiapkan program kerja berupa peningkatan kunjungan, peningkatan income, kemudian peningkatan pelayanan dan kondisi kenyamanan bagi keluarga pasien, ”katanya.

Menurut Ismu, pelayanan kesehatan di RSUD Demang akan semakin baik dengan penambhan dokter spesialis. Tahun ini dokter-dokter yang disekolahkan sudah mulai masuk, seperti dokter kulit kelamin, dan dokter THT. Sekitar bulan Agustus juga akan masuk dokter spesialis penyakit dalam. Saat ini jumlah dokter RSUD Demang Sepulau Raya yang berstatus PNS sebanyak 9 orang, lalu 2 orang dokter magang, serta 15 orang dokter intensif yang dibiayai Kementerian Kesehatan RI.  ”Kita harapkan bulan depan  dokter penyakit dalam sudah bisa masuk, kita akan memberikan pelayanan untuk cuci darah, peralatannya sudah siap. Tahun depan kita harapkan sudah punya dokter spesialis jantung,”katanya.  (Ti/Pri)

Share Button

Related For Pemkab Lampung Tengah Optimalkan Pelayanan RSUD Demang Sepulau Raya