http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Menuju Lampung Tengah Sehat 2020

Jumat, September 16th 2016. | Iklan, Kesehatan

 

Puskes Rawat Inap Bandarjaya Lampung Tengah

Puskes Rawat Inap Bandarjaya Lampung Tengah (Foto Terbagus.info)

Dinas Kesehatan merupakan  Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang melaksanakan kewenangan bidang kesehatan Kabupaten Lampung Tengah. Diantara tugas pokok dan fungsi Dinas Kesehatan sesuai peraturan daerah (Perda) Kabupaten Lampung Tengah No. 12 Tahun 2007 adalah Perumusan kebijakan teknis dibidang kesehatan, Pemberian perizinan & pelaksanaan pelayanan umum, serta  Pembinaan Unit Pelaksana Teknis Dinas.

Kebijakan pembangunan kesehatan Kabupaten Lampung Tengah diarahkan untuk mendukung komitmen pembangunan kesehatan secara global, nasional dan propinsi, dalam rangka peningkatan derajat kesehatan masyarakat Lampung Tengah. Serta peningkatan kualitas pelayanan kesehatan & aksesabilitas masyarakat terhadap Pelayanan kesehatan (Yankes) terutama masyarakat miskin, daerah pertumbuhan dan daerah sulit.

Peningkatan kualitas Yankes dilakukan dengan meningkatkan kuantitas dan kualitas SDM kesehatan, melalui rekruetmen, pendidikan dan pelatihan fungsional kesehatan, distribusi SDM kesehatan pada ratio yg ideal terhadap penduduk, menyediakan sarana penunjang Yankes dan biaya operasional program kesehatan serta jaminan kesehatan nasional secara memadai.

”Kita segera meningkatkan aksesabilitas masyarakat terhadap yankes dilakukan dengan pembangunan sarana kesehatan pada daerah pertumbuhan dan sulit memenuhi ratio ideal sarana kesehatan terhadap penduduk, berupa Puskesmas-Rawat Inap, Pustu dan DESA SIAGA,” ungkap Bupati Lampung Tengah Mustafa.

Program Unggulan

Untuk mencapai peningkatan aksesabiltas masyarakat terhadap pelayanan kesehatan dimaksud, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah telah mencanangkan program unggulan pembangunan bidang kesehatan berupa;

  1. Pengembangan Desa Siaga untuk peningkatan pelayanan kesehatan Ibu dan Anak.
  2. Pengembangan sarana kesehatan meningkatkan aksesabilitas dan kualitas pelayanan kesehatan dasar pada wilayah pengembangan barat, tengah dan timur. Dengan membangun sarana kesehatan Puskesmas Rawat Inap, Puskesmas Keliling dan Puskesmas Pembantu) pada daerah pertumbuhan dan daerah sulit.
  3. Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan mendukung komitmen pembangunan kesehatan Global, Nasional, Propinsi dan Daerah Program Yankes, Perbaikan Gizi Masyarakat, Program Promotion & Pemberdayaan Kesehatan Masyarakat, POM, P2M dan Lingkungan Sehat.

Melalui anggaran tahun 2016, Pemkab Lampung Tengah telah merencanakan pembangunan sarana kesehatan berupa pengadaan kendaraan Pusling sebanyak 5 (lima) unit bagi Puskesmas Segala Mider, Puskesmas Gedung Sari, Puskesmas Poncowarno, Puskesmas Padang Ratu, Puskesmas Seputih Mataram. Lalu pengadaan  Ambulan Transport bagi Puskesmas Bandar Jaya, Puskesmas Bandar Agung, dan Puskesmas Gunung Sugih, serta  Puskesmas Kalirejo.

Dinas Kesehatan Lampung Tengah

Dinas Kesehatan Lampung Tengah

Bagi peningkatan pelayanan kesehatan di wilayah kecamatan yang cukup jauh dari ibukota kabupaten, Pemkab Lampung Tengah melakukan pengadaan kendaraan Pusling double cabin bagi Puskesmas Sriwijaya Mataram, Puskesmas Karang Anyar, Puskesmas Bina Karya Utama, Puskesmas Seputih Surabaya.

Pemkab Lampung Tengah juga meningkatkan pengolaan limbah melalui pengadaan Instalasi Pengelolan Air Limbah (IPAL) Puskesmas terhadap Puskesmas Bandar Agung, Puskesmas  Wates, Puskesmas Karang Anyar, Puskesmas Sriwijaya Mataram, Puskesmas Kota Gajah, Puskesmas Seputih Surabaya, Puskesmas Bina Karya  Utama.  Serta pembangunan rehabilitasi 29 Puskesmas yang tersebar di semua kecamatan di Lampung Tengah.

Pemkab Lampung Tengah juga akan melakukan penambahan ruangan Puskesmas terhadap 10 Puskesmas yakni, Puskesmas Sendang Agung, Puskesmas Haji Pemanggilan, Puskesmas Gedung Sari, Puskesmas Bina Karya Utama , Puskesmas Poncowati, Puskesmas Rama Indra, Puskesmas Bumi Nabun, Puskesmas Pujokerto, Puskesmas Punggur, dan  Puskesmas Sritejo Kencono.

Untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan Pemkab Lampung Tengah, pada Tahun 2016 telah merencanakan pengadaan pemasangan jaringan Wi-fi pada seluruh Puskesmas di seluruh Kabupaten Lampung Tengah. Pemasangan Jaringan Wi-fi di Puskesmas akan mensupport sistem informasi kesehatan berbasis web dan internet dengan menggunakan Aplikasi SIKDA-Generik. Sistem ini juga akan mewujudkan Kabupaten Lampung Tengah sebagai Districk Smart di Propinsi Lampung.

Dalam rangka upaya mewujudkan Kabupaten Lampung Tengah sebagai kabupaten berpredikat Wajar Dengan Pengecualian (WDP), perlu dilakukan peningkatan Puskesmas sebagai Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang terakreditasi guna mendukung program BPJS. Pada Tahun 2016 ini di rencanakan akan dilakukan penilaian akreditasi pada 7 Puskesmas rawat inap. Dan pada tahun 2017 di rencanakan penganggaran untuk akreditasi Puskesmas sebanyak 13 Puskesmas sehingga pada Tahun 2019 semua Puskesmas di Kabupaten Lampung Tengah berpredikat Akreditasi.

Sebagai kelanjutan peningkatan pebangunan di bidang kesehatan, Pemkab Lampung Tengah juga telah menyiapkan rencana program kegiatan Dinas Kesehatan Lampung Tengah tahun anggaran 2017. Diantara kegiatan diantara kegiatan dimaskud adalah akan dilaksanakan Pembangunan Renovasi Puskesmas pada 20 Puskesmas di Kabupaten Lampung Tengah yang akan dilaksnakan sesuai dengan Permenkes Nomor 75 Tahun 2014 tentang Pedoman Dasar Puskesmas. (Adv/pri)

Share Button

Related For Menuju Lampung Tengah Sehat 2020