http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Kopsya Bersinar BTM Lampung Tengah, Bukukan Pendapatan Rp507 juta

Minggu, Februari 14th 2016. | Mikro
kabid Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi & UKM Lampung Tengah Bujang Dani berikan sambutan

Kabid Kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi & UKM Lampung Tengah Bujang Dani berikan sambutan (foto;Ti/pri)

Terbagus.info, LAMPUNG TENGAH-Patut diapresiasi, diusia baru memasuki empat tahun Koperasi Syariah(Kopsya) Bersinar BTM Lampung Tengah,mulai menunjukkan kemajuan. Walaupun dalam melaksanakan amal usaha ekonomi masih sebatas unit usaha simpan pinjam dan pembiayaan dengan pola syari’ah, pengurus Kopsya Bersinar dengan gigihnya terus berusaha membangun kepercayaan masyarakat dengan pelayanan yang lebih baik.

Ketua Koperasi Syari’ah Bersinar BTM, Listyawan, mengungkapkan, berdirinya koperasi ini sebagaiwujud mimpi Majelis Ekonomi PDM Lampung Tengah. Dengan modal yang terbilang kecil, terus berusaha menata diri untuk peraih pertumbuhan. Saat ini Kopsyar Bersinar BTM telah mempunyai anggota sebanyak 1.536 orang, modharib (peminjam) 915 orang dan shohibul maal (penyimpan) sebanyak 1.417 orang.

Sedang, perkembangan aset Kopsyah Bersinar BTM, hingga akhir tahun 2015 sudah mencapai Rp2.460.691.333. Dari sisi pendapatan hingga 31 Desember 2015 mampu membukukan pendapatan sebesar Rp507.102.755 atau meningkat 29 persen dari tahun 2014 yang mencapai Rp.393.735.771. Sedang dari sisi permodalan, dari modal sendiri tercatat sebesar Rp473.697.816 atau terjadi penurunan 1% jika dibanding dengan modal sendiri tahun 2014 sebesar Rp476.890.225. Simpanan dari anggota hingga akhir Desember 2015 mencapai Rp825.519.201 atau terjadi penurunan sekitar 9% dibanding tahun 2014 yang mencapai Rp909.010.354. ”Tahun 2015 ini Kopsya Bersinar BTM membukukan sisa hasil usaha (SHU) sebesar Rp77.760.587 atau naik 22 persen dari tahun 2014 sebesar Rp63.755.275. Sementara, untuk memperkuat struktur permodalan Kopsya Bersinar masih menghimpun dari pihak ke tiga, hingga akhir 2015 dana pihak ketiga mencapai Rp950.000.000,”kata Listyawan, dalam sabutannya pada pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke 4 Kopsya Bersinar BMT, Ahad (14/2).

Melihat perkembangan yang di raih Kopsya Bersinar BMT, Kabid kelembagaan Koperasi Dinas Koperasi dan UKM kabupaten Lampung Tengah, Bujang Dani, menegaskan bagi koperasi apa lagi yang baru berdiri, tentunya jumlah anggota merupakan potensi bagi perkembangan modal Koperasi Syari’ah Bersinar BTM. ”Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana meningkatkan pengelolaan untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat yang saat ini mulai tumbuh kepercayaan terhadap lembaga keuangan yang syar’i,”tegas Bujang Dani.

Dia juga menilai positif dengan pertumubuhan yang di capai oleh Kopsya Bersinar BTM Lampung Tengah saat ini. Namun, untuk meningkatkan pertumbuhan, lanjutnya, pengurus Koperasi harus bisa memanfaatkan momentum kondisi pertumbuhan ekonomi saat ini yang dirasakan sebagian masyarakat kurang baik, selain menyikapi banyaknya kompetitor. ”Jika tahun ini pertumbuhan Kopsyar Bersinar BTM masih sedang-sedang saja, tahun depan harus ditingkatkan lebih cepat, karena bila pertumbuhannya tetap lambat akan berpengaruh terhadap kepentingan anggota, tapi jangan juga terlalu cepat naik lalu turun melambat, tidak baik juga itu,” katanya, Bujang Dani .

Bujang mengingatkan, agar Koperasi Syari’ah Bersinar BTM segera melakukan perubahan anggaran dasar (AD), hal ini menyusul keluarnya Peraturan Menteri ((Permen)Koperasi dan UKM No.16 tahun 2015 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Simpan Pinjam dan Pembiyaan Syari’ah oleh Koperasi. Setidaknya perubahan nama koperasi hanya dengan tiga kata, lalu memaksimalkan peran dewan pengurus syari’ah dalam jajaran pengurusan Kopsya Bersinar. ”Sesuai Permen No.16/2015 Dewan Pengawas Syari’ah wajib ada dalam struktur kepengurusan koperasi. Dewan Pengurus syari’ah harus memiliki sertifikat dari Dewan Syari’ah Nasional Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), ”katanya.

Sementara itu, Ketua PDM Lampung Tengah A.Helmi, juga mengingatkan, untuk meningkatkan kepercayaan anggota dan pengembangan usaha, diharapkan agar pengurus Koperasi Syari’ah Bersinar BTM meningkatkan manajeman pengelolaan koperasi. ”Kita berharap Koperasi Syari’ah Bersinar ini kedepan mampu menjadi lembaga keuangan non bank yang melayani masyarakat sesuai misi Persyarikatan Muhammadiyah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya bagi warga Muhammadiyah,”katanya. (Ti/pri)

 

 

Share Button

Related For Kopsya Bersinar BTM Lampung Tengah, Bukukan Pendapatan Rp507 juta