http://terbagus.info/wp-content/uploads/2016/01/banner728.jpg
http://niadesain.biz/banner/User.gif

Dibutuhkan UKM Berkualitas Dalam Meningkatkan Usaha

Kamis, Mei 26th 2016. | Ekonomi & Niaga, Mikro
Wakil Bupati Loekman Djojosoeranto, menyerahkan secara simbolis Blanko Formulir  Pendaftaran. IUMK

Wakil Bupati Loekman Djojosoeranto, menyerahkan secara simbolis Blanko Formulir Pendaftaran IUMK

LAMPUNG TENGAH,Terbagus.info– Melalui pembinaan dan pelatihan, diharapkan  pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) akan semakin cerdas, pada gilirannya dapat meningkatkan kualitasnya. Peningkatan kualitas inilah, yang menjadi kata kunci dan prioritas, dalam program pemberdayaan UKM dan Koperasi, yang tertuang di dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2015-2020.

Pegenasan itu disampaikan Wakil Bupati Lampung Tengah, Loekman Djojosoemarto, pada Sosialisasi Produk Hukum Bidang Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tahun 2016, Peraturan Bupati tentang  Pendelegasian Kewenangan Pelaksanaan Izin Usaha Mikro dan Kecil dari Bupati kepada Camat bagi Aparatur  Kecataman se Lampung  Tengah, di Balai Pendidikan dan Pelatihan Kota Gajah, Kamis, (26/5).

”Saya menyambut baik dan sangat mengapresiasi atas penyelenggarakan sosialisasi ini. Sosialisasi ini memiliki nilai penting dan strategis, bagi percepatan pembangunan usaha mikro dan kecil dan perekonomian Kabupaten Lampung Tengah,”kata Loekman.

Ditegaskannya, Pemerintah terus berupaya membangun ekosistem agar usaha mikro dan kecil (UMKM) dapat berkembang, selanjutnya didorong untuk scaling up dan mempunyai daya saing global. Salah satu upaya yang ditempuh yaitu implementasi Peraturan Presiden Nomor 98 Tahun 2014 tentang Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK).

Penerbitan  IUMK, lanjutnya,  bertujuan, pertama untuk mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam berusaha sesuai dengan lokasi yang telah ditetapkan. Kedua, mendapatkan kepastian dan perlindungan dalam pengembangan usaha. Ketiga, mendapatkan kemudahan dalam akses pembiayaan ke lembaga keuangan bank dan non bank. Keempat, mendapatkan kemudahan dalam pemberdayaan dari pemerintah, pemerintah daerah dan lembaga lainnya.

“Prinsip pemberian IUMK menurut Permendagri Nomor 83 Tahun 2014 diantaranya adalah : Prosedur sederhana, Mudah dan Cepat, Keterbukaan Informasi bagi Pelaku usaha Mikro dan Kecil serta Kepastian Hukum dan Kenyamanan Usaha,” kata Loekman.

Guna memperkuat kelembagaan usaha mikro dan kecil, lanjut Wakil Bupati, adanya legalitas Izin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) sangat diperlukan bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil (UMK) untuk menjadi usaha yang berkembang. Apalagi saat ini IUMK sudah bisa diterbitkan oleh Camat. Dengan demikian,  untuk bisa menjadi pelaku usaha formal adalah urgen untuk mengurus kelengkapan legalitas usaha. Kalau tidak, UMK akan selamanya non formal dan sulit berkembang. Disamping itu juga dengan IUMK ini para pelaku UMK dapat lebih mudah mengakses ke sumber-sumber daya produktif, seperti akses teknologi, akses pasar, akses pelatihan SDM.

Agar UKM memiliki peran dalam kehidupan ekonomi rakyat, maka UKM harus mampu berperan sebagai penyeimbang dalam kegiatan ekonomi, dan meningkatkan kualitas kehidupan berusaha. UKM harus mampu berperan dalam mendorong munculnya ekonomi biaya rendah, dengan cara memacu efisiensi yang bersifat teknis, alokatif dan sosial.  Untuk dapat terus memainkan perannya, dibutuhkan UKM  yang berkualitas dalam meningkatkan usaha. Tentunya hal ini tidak terlepas dari kebijakan yang diberikan bagi pengembangan UKM itu sendiri, diantaranya melalui kebijakan yang menyangkut aspek pemberian kredit.

”Hingga saat ini, masih banyak UKM yang mengalami kendala dalam hal pengajuan kredit untuk mendukung permodalan mereka, antara lain agunan yang harus disertakan, atau  suku bunga yang tinggi,”katanya.(Ti/pri)

Share Button

Related For Dibutuhkan UKM Berkualitas Dalam Meningkatkan Usaha